Rasanya Jadi Mama part 1

Hai nak, tulisan ini mama buat kalau nanti kamu mau tahu gimana kamu menjadikan aku seorang mama, kisah mama saat mengandung dan melahirkanmu.


Setiap ibu dan calon ibu pasti pejuang hebat. Kami cuma beda di perjalanannya aja, ada yang menyenangkan, ada juga yang butuh kerja keras.


Mama mungkin termasuk yang butuh tenaga ekstra ya. Di awal kehamilan, trimester pertama begitu berat. Mama yang doyan makan apa aja, seketika berubah jadi orang yang picky makanan. Awal cuma bisa makan beef teriyaki sama pasta atau mie. Mama juga Hiperemesis Gravidarum (HeG), jadi mual-mual parah banget. Itu juga yang bikin mama ngga bisa banyak makan.


Berat badan mama sampai turun waktu itu. Tapi alhamdulillah, setiap kontrol perkembangan kamu baik.


Selain bermasalah dengan nafsu makan, mama juga ngga kuat cium bau masakan termasuk masak nasi. Alhasil selama 3 bulan itu makannya selalu beli atau ya papa yang masak. Kompor sampai harus diungsikan ke atas biar papa bisa masak.


Masuk trimester kedua, awalnya mama merasa sudah membaik. Sudah bisa makan biasa dan cium aroma masakan, tapi tiba-tiba mama demam dan muntah-muntah hebat lagi sampai kali ini ngga bisa masuk makanan sama sekali. Akhirnya ke UGD tapi karena itu baru satu hari kejadian seperti itu, dokter suruh rawat dirumah aja karena diagnosanya HeG. Besok harinya karena papa panik, mama juga udah lemes ngga bisa makan jadi balik lagi ke RS minta dirawat. Tahu ngga nak, ternyata mama kena DBD. Ya ampun itu mama deg-degan takut kamu kenapa-kenapa.


Mama dirawat seminggu, alhamdulillah lagi-lagi kamu kuat dan perkembangannya baik. Setelah pulang, semuanya mulai membaik. Trimester kedua ini bisa dibilang paling nyaman lah. Mau kegiatan apa-apa bisa, mau makan apa aja juga udah bisa.


Memasuki trimester ketiga ini, harusnya papa kamu jadi suami siaga. Tapi justru papa kamu dapet kerjaan di Bandung. Mama seneng tapi hati terpotek karena waktu itu udah masuk usia kehamilan 33 minggu. Udah persiapin kamar buat nyambut kamu, eh malahan harus mengungsi ke rumah uti akung.



Mama prediksi kamu lahir di akhir April, tapi papa kamu doanya di awal Mei biar deketan sama ulang tahunnya. Papa doanya kamu lahir malam biar jalanan sepi dan lancar pas menuju klinik, sama jangan di tanggal awal banget karena kerjaan papa banyak awal bulan. Qadarullah, tuh doa papa kamu ya diijabah.


Tanggal 4 Mei, tengah malam mama kebangun. Mama kebiasaan kebangun tengah malam buat pipis, tapi ini mama kebangunnya kaget gitu kaya ada tendangan kenceng banget di perut. Mama masih mikir ah kontraksi palsu kali, tapi udah siap megang hp dan coba hitung pake contraction counter. Pas abis pipis kok rasa mulesnya kaya mau mens gitu. Mama coba atur nafas, oke masih aman bisa ditahan.


Pas abis pakai celana, muncul lagi mulesnya. Dalam hati, oke kayanya beneran udah mulai kontraksi.


Mama sempetin cuci ketek, gosok gigi dulu jaga-jaga emang harus pergi ke klinik. Lah kok abis itu makin berasa kuat tuh kontraksinya. Udah langsung mama masuk-masukin perintilan barang mama ke tas, terus mama ketuk pintu kamar Bude Findi. Yang bukain Pakde Halim, budenya masih belum nangkep kalo mama minta tolong bantuin turun ke bawah. Jadinya dituntun turun ke bawah sama pakde, terus mama masih duduk dulu buat mastiin kontraksinya.


Udah makin berasa kuat kontraksinya, mama langsung ke kamar uti buat bangunin. Uti bangun dan langsung bangunin akung minta nyiapin mobil. Perlengkapan persalinan udah disiapin jadi bisa langsung dibawa. Cuuuuus bertiga langsung berangkat ke klinik (bersambung...)

Baca selanjutnya : Rasanya Jadi Mama part 2

2 comments:

  1. Sehat selalu mama baru. Debay harus sehat, tapi mamanya juga harus lebih sehat & happy ❣️❣️

    ReplyDelete