Rasanya Jadi Mama part 2

Cerita rasanya jadi mama sebelumnya seputar mengandung kamu. Kalau yang ini udah masuk tahap mau melahirkan kamu. [Trigger Warning] Ada proses lahiran yang tidak di sensor

Setelah merasa kontraksi udah rutin, mama sama uti akung langsung berangkat ke klinik. Mama juga langsung ngabarin papa kamu. Ih sepi betul jalanan, sampai akung tuh ngebut bawa mobilnya. Tapi karena jalanan bergelombang, ditambah naik Kijang juga yang getarannya berasa, wah mama sampe marah-marah ke akung minta untuk bawa mobil pelan-pelan. Tapi ya namanya darurat, mana bisa pelan-pelan.

Uti duduk disebelah nenangin mama, suruh atur nafas dan coba rileks badannya jangan dilawan nyerinya. Berhubung mama sempat ikut les vokal jadi ngerti lah atur nafas pake nafas perut gitu. Cuma emang dasar mama toleransi nahan sakitnya lemah banget jadi sepanjang perjalanan ya tetep jerit-jerit kecil hehe

Begitu sampe depan klinik, rasanya udah lemes dengkulnya. Coba pelan-pelan turun dan bresssssss... pas banget baru turun dan senderan di pintu mobil ketuban mama pecah. Sambil dituntun uti akung langsung masuk ke klinik dan menuju ke ruang bersalin.

Waktu itu udah hampir jam 3 pagi pas mama diperiksa dan udah pembukaan 5. Wow, mama terkejut karena mikirnya ngerasain pembukaan itu lama. Mama kira langsung stay di ruang bersalin tsetelah diperiksa tapi ternyata disuruh ke kamar dulu. Duh, mesti jalan! Untung kamarnya seberang ruang bersalin, tapi tetap aja kaki udah lemes.

Begitu sampai kamar, mama dimasukin obat pencahar gitu buat membersihkan dubur. Bayangin lagi mules kontraksi, pengen poop juga tapi ngga boleh ngeden. Emang sih karena obat jadi ngga perlu ngeden juga langsung keluar kotorannya.

Selesai poop, mama berbaring dikasur. Kontraksi udah rutin dan makin meningkat nyerinya. Rasanya ngantuk banget, capek juga sampai mama bilang ke uti ngga kuat. Coba nih saat diserang gelombang cinta, (halah preet, kalo cinta mah ngga nyakitin) mama disuruh santai, lemesin badan, atur nafas, ngga boleh ngeden ataupun menegang badannya. Bayangin aja saat sakit buangeeeettt, badan reflek nahan sakit dengan mencengkram tapi ngga boleh kaya gitu.

Uti bilang coba disempetin tidur. Ya boro-boro, emang sih mama udah sambil merem karena ngantuk banget tapi tiap mau pules, eh kontraksi lagi dan ya begitu suruh lemesin lagi kaga boleh ngeden. Sampe akhirnya mama udah ngga kuat tuh dan mengeden sambil teriak. Uti bilang ngga boleh kaya gitu karena ngga guna nanti malah habis tenaganya. Akhirnya uti panggil bidan, terus dicek dan udah disuruh ke ruang bersalin.

Oiya, karena tensi mama tinggi jadi masih nunggu dokter buat lahiran. Setelah di ruang bersalin dan dicek ternyata kepala kamu masih belum kepegang. Jadi selama di ruang bersalin tuh mama tidur miring sambil kakinya sebelah ke atas dan harus ngeden pas kontraksi. Rasanya enak banget tuh karena boleh ngeden pas kontraksi.

Mama sempat salah pas awal suruh ngeden, ya abis dibilang kaya ngeden pas sembelit sementara mama alhamdulillah buang airnya lancar. Mama gatau berapa lama nunggu dokternya, yang jelas mama rasanya udah ngantuk banget.

Akhirnya dokter datang, ngga lama 2 bidan ngambil posisi. Satu duduk di belakang kepala mama, satu lagi di samping buat bantu dokter juga kayanya. Mama udah siapin mental, "Wah, udah ini mah pasti sakit".

Pas kontraksi datang disuruh ngeden, sembari bidan yang di atas dorong perut mama kuat banget. Nafas mama kacau, mama bisa ngeden dengan tarikan nafas sedikit tapi setelah selesai ngeden jadi gelagapan kehabisan nafas padahal selang oksigen juga terpasang. Akhirnya tiap selesai ngeden mama bilang "bentar nafas dulu"

Mama ngga inget berapa kali ngeden, tapi yang mama inget itu pas ngeden ketiga kayanya "sreeeek sreeekk" dirobek lah perineumnya. Sakit? Udah ngga berasa sakitnya itu. Beberapa kali ngeden lagi, akhirnya kamu keluar. Pas kamu ditarik keluar tuh rasanya lega banget. Kamu langsung ditaro di dada mama untuk IMD.

Pas mama lahiran itu papa kamu belum datang, jadi mama masih ditemani sama uti. Kamu lahir jam 05.18 dan mama pas kamu lahir itu nangis ngejer kaya perasaan campur aduk tapi pikirannya blank. Dokternya sampai nanya "heh, kenapa". Uti masih terus nemenin mama kan dan uti juga yang tenangin. Mama juga bingung kenapa nangisnya begitu hehe...

Mama udah ngerasa lega karena di otak mama udah selesai perjuangannya. Eh daku lupa kalau perineum yang disobek itu harus dijahit. Alhasil mama jerit-jerit pas dijahit walaupun katanya juga udah dikasih semacam obat bius lokal. Mama udah bilang kan toleransi sakit mama kecil banget dan mental mama tidak dipersiapkan untuk menghadapi sakitnya dijahit itu.

Kamu masih terus di dada mama sampai akhirnya papa datang deh sekitar jam 6 kayanya. Abis itu kamu diadzanin sama papa terus lanjut dibersihin sama bu bidan.


Kirana Syafa Idham, kisah ini untuk pengingat kami betapa kamu sangat dinanti hadir dalam hidup mama dan papa. 3 tahun dinanti, 3 trimester dilalui, 3 jam perjuangan hidup dan mati


0 komentar:

Post a Comment