Unsent Message (Pesan Tak Terkirim)

Gue itu orangnya suka berandai-andai tapi seringnya itu kok cenderung yang ngawur ya haha..
Udah gitu biasanya gue diskusi "seandainya lo menjadi" dengan topik yang gue pikirin tadi.

Kaya yang gue lakuin ke Jeems dan Acha. Mereka emang orang yang bisa dibilang deketlah sama gue. Jeems itu temen cowo satu organisasi dan gue juga kemana-mana sering sama dia. Kalo Acha, dia temen sekamar gue di kosan. Ya hampir tiap hari dia dengerin gue ngoceh yang kadang suka ngelantur kemana-mana. Tapi pemikiran mereka gue anggap cukup kritis makanya gue seneng diskusi dari hal serius sampe hal nggak penting aja dibahas bareng hehe

Kali ini temanya adalah pesan tak terkirim.
Pertama gue tanya ke Jeems gini,"seandainya lo punya mantan. Terus sesuatu terjadi sama dia sampe dia dirawat di RS untuk waktu yang lumayan lama. Apa yang akan lo lakuin?"

"Ya gue sih tergantung, setelah putus gimana kondisinya." Jawab Jeems

Terus gue tambahin lagi,"Jadi setelah putus lo nggak pernah kontak-kontakan lagi"

"Kalo misalkan emang udah selesai semua dan kaya gitu, gue paling cuma doain aja"

"Terus kalo misalkan dia sampe nggak sadarkan diri, ya lumayan parah deh gitu, lo gimana? Udah gitu lo dikasih tauin nih sama sodara atau temen deketnya gitu yang nemuin pesan tapi dalam bentuk draft. Isinya itu tentang perasaan dia ke lo yang masih sayang dan sebagainya. Tapi pesan itu kaya dalam bentuk pesan tak terkirim, notes, atau draft aja gitu."

"Ya itu sih dua kemungkinan, gue akan biasa aja kalo gue udah punya cewe. Itu nulisnya setelah putus atau gimana?"

"Tapi disini posisinya sama-sama masih sendiri. Iya setelah putus gitu"

"Ya kalo gitu juga dua kemungkinan. Gue pasti bakal support dia. Ya kalo emang udah selesai dan nggak ada perasaan lagi ya gue bakal support dia. Gue menghargai perasaan dia. Tapi disini gue bakal ngasih pengertian ya kalo gue mensupport tapi nggak bisa lanjut lagi."

"Berarti lo cuma kaya mengasihani dia dong? Entar setelah dia sembuh, lo bakal ninggalin dia?"


"Ya gue bakal kasih pengertian ke dia dari awal. Tapi pasti putusnya itu kan ada penyebabnya, ya kalo emang masih harus diselesaikan ya diomongin lagi"

Obrolan ini menjadi agak lama dan gue agak lumayan pegel berdiri di depan gerbang kosan gue karena emang kebetulan gue nebeng balik ke kosan sama dia. Gue juga sebenernya mikir dari perkataan dia yang dua kemungkinan itu sebenernya kemungkinan lainnya apa. Ya gue bikin persepsi sendiri mungkin kemungkinan lainnya itu dia juga masih ada rasa kemudian bisa balikan.

Terus gue lanjut lagi,"kalo misalkan the worst thing happen, she passed away. What would you do?"

"Gue sebenernya nggak bisa bayangin, tapi yang jelas pasti gue sedih banget. Ya secara gimana pun dia pernah jadi bagian dalam hidup gue. Udah gitu ditambah gue dapet Unsent message itu. Ya pasti sedih banget lah"

Kemudian gue mulai mellow dan ikut sedih. Gue yang nanya gue juga yang ikutan sedih haha.. Setelah itu gue sudahi saja percakapan itu dan dia pamit pulang, gue juga masuk ke kosan.

Sampe di kamar gue masih memikirkan hal yang sama terus lanjut gue tanya ke Acha. Berhubung gue orangnya suka cerita tapi juga suka lupa udah cerita apa aja jadi gue nanya dulu ke acha," gue udah pernah nanya soal Unsent message nggak sih?"

Acha jawab belom dan dia bilang udah cerita aja. Pas gue baru mulai ngomong "seandainya" muka acha udah nggak enakin. Hahaha secara dia tau persis kalo gue udah ngomong seandainya pasti suka ngaco, ya yang kecelakaanlah, yang tergeletak di kamar lah, ya pokoknya hal-hal yang sebenernya terlalu negatif dan ekstrem haha

Walau mukanya begitu, dia tetep dengerin dan suruh gue ngelanjutin. "Seandainya lo punya mantan terus mantan lo kecelakaan sampe dia dirawat, dibilang koma juga nggak, tapi parah, semi-koma lah" oke fix ngaco banget gue bikin kamus sendiri haha

"Kritis gitu? Ya gue bakal jenguk"

"Nah terus lo dikasih tau nih sama sodara atau orang terdeketnya lah yang istilahnya bisa buka-buka gadget dia, dia nemuin kaya draft gitu isinya perasaan dia ke lo"

"Aaaaa" dengan ekspresi luluh acha melanjutkan," ya gue bakal jenguk dia. Tapi kalo gue udah punya cowo ya gue jenguk tapi cuma care sebagai teman"

"Posisinya lo sama dia masih sama-sendiri"

"Ya kalo misalkan gitu dan misal juga baru sebulan putus gue pasti bakal jenguk dan support dia. Apalagi kalo misalkan gue juga masih ada perasaan sama dia."

Susah kalo nanya sama cewe pasti mereka tingkat kepeduliannya lebih tinggi daripada cow. Pertanyaannya sama cuma gue mengganti acha sebagai subject yang menyampaikan pesan tersebut. "Kalo misalkan yg terbaring lemah tak berdaya itu cewe dan lo adalah temennya terus lo juga yang menemukan Unsent message itu. Kalo lo diposisi itu apa yang bakal lo lakuin?"

"Ya mungkin gue akan ngasih tau cowonya itu. Tapi gue nggak ngasih tau pesannya karena itu privasi. Gue bakal nyari tau tentang perasaan cowo itu ke dia, gue juga minta dia buat jenguk. Ya kalopun dia udah nggak punya perasaan apa-apa ya kan bisa jenguk sebagai temen"

Lagi-lagi gue nambahin,"kalo misalkan cowo itu selalu bilang nggak bisa jenguk karena kesibukannya gimana?"

"Ya gue nggak bisa ngelakuin apa-apa. Itu hak nya dia buat dateng atau nggak"

"If the worst thing happen, what would you do?"

"Mungkin gue akhirnya akan sampaikan pesan itu ke orangnya. Kalo sampe akhir dia tetep nggak bisa dateng ya dia nggak boleh nyesel"

"Terus kalo misalkan pas dia tau isi surat itu dan dia nyesel gimana?

"Ya itu salahnya dia, bodohnya dia. Kan udah gue minta dateng. Kita nggak bisa nyalahin cewenya juga karena mungkin pesan itu nggak terkirim karena dia cewe" mungkin maksudnya terlalu gimana gitu kalo cewe ngirim pesan tentang perasaannya apalagi ke mantan yang nggak pernah komunikasi lagi.

Setelah acha jawab kaya gitu, dia balikin pertanyaannya ke gue,"kalo lo diposisi kaya gitu gimana?"

Oke gue menjawab dengan sedikit emosional,"gue bakal maksa itu cowo dateng buat jenguk. Pertama, ya masa sih segitunya, ya walau udah nggak ada apa-apa lagi kan seenggaknya dia pernah jadi bagian dalam hidupnya. Kedua, Kita nggak tau seberapa lama akan bertahan, maybe it'll be her last. Ketiga, kalo misalkan she passed away, dalam surat itu kan jelas walaupun nggak keep in touch tapi cewe ini tetep mikirin dia. Well, gue jg nggak tau apakah cewe ini dalam doanya juga mikirin tuh cowo. Tapi yang gue bisa tarik, cewe ini masih sayang banget sama cowonya. Apalagi misalkan dalam suratnya itu cewe itu bilang dia nggak mau balik tapi dia cuma mau liat si cowo bahagia, kan tambah jleb. Gue juga bakal bilang ke cowonya, lo bakal nyesel karena belum tentu ada seseorang yang mencintai orang lain sebegitu dalamnya"

Terus acha nanya,"ini true story?" Hahaha gila kali kalo true story ini menjadi kisah yang sangat menyedihkan.

Jadi, sekarang gimana kalo kamu yang menjawab pertanyaan di atas? Apa yang bakal kamu lakukan kalo kamu di posisi yang menerima "Unsent message" ataupun menjadi teman yang mengirim "Unsent message" tersebut?

0 komentar:

Post a Comment