Welcoming Goodbye

Dalam hidup ini, orang datang dan pergi. Ada yang hanya sekedar mampir, ada juga yang bertahan lama tapi semua pasti akan pergi juga. Waktu yang lama itu pun terasa sangat sebentar ketika perpisahan sudah di depan mata. Walaupun hanya pergi untuk sementara, ketika seseorang sudah terbiasa bersama pasti akan merasakan kesedihan juga.

Seorang ibu yang melepas anaknya merantau untuk melanjutkan pendidikan
Seorang adik yang melepas kakaknya untuk membangun hidup baru
Seorang istri yang melepas suaminya untuk bekerja jauh
Seorang teman yang melepas partnernya untuk meningkatkan kariernya
Setiap orang pernah pergi dari hidup orang lain, entah hanya untuk sementara atau bahkan tidak akan pernah kembali. Pergi adalah keputusan yang tidak mudah karena kita tidak pernah tahu ketika kita sudah pergi apa kita dapat kembali dan jika sudah kembali apakah keadaan akan sama seperti dulu lagi.

Seiring berjalannya waktu, manusia akan beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Yang ditinggalkan ataupun yang meninggalkan akan sama-sama belajar untuk melanjutkan hidupnya. Namun terkadang hal inilah yang membuat kita tidak dapat kembali seperti dulu ketika sudah terlanjur pergi dari hidup seseorang. Ada orang yang setia menunggu, ada yang menjalani hidup seperti tidak terjadi apa-apa, ada yang segera mencari pengganti yang baru, ada yang selalu terbuka menerima kembali, ada pula yang sudah menutup hidupnya untuk orang yang telah pergi.

Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk selalu menunggu kita saat jauh dan menyambut saat kita kembali. Hidup setiap orang berbeda, permasalahan, lika-liku hidup yang dihadapi membuat setiap orang juga membuat keputusan yang berbeda.

Yang harus kita yakini adalah perpisahan pasti akan selalu terjadi. Sedih, sakit, bahkan pahit memang yang dirasakan ketika saat itu tiba. Butuh waktu memang untuk sekedar mengikhlaskan atau merelakan kepergian seseorang.

Tapi lihatlah ketika kita dapat berjuang dan berhasil untuk terus melanjutkan hidup, maka hidup ini akan menjadi lebih berwarna. Orang baru pun pasti akan datang atau orang yang telah pergi akan kembali. Tugas kita adalah melakukan hal terbaik untuk orang-orang yang ada di sekeliling kita saat ini, menghargai mereka yang telah kembali, dan mengikhlaskan mereka yang tak akan kembali.

0 komentar:

Post a Comment