Tips Menekan Biaya Pernikahan

Setiap orang tentu ingin mewujudkan pernikahan seperti yang mereka impikan. Namun banyak juga yang tidak dapat terwujud dikarenakan biaya pernikahan yang terbatas. Sebenarnya pernikahan impian tetap bisa terwujud dengan menekan budget di beberapa aspek. Simak tips berikut untuk menekan biaya pernikahan kalian.

Tips Menekan Biaya Pernikahan
(source: freepik.com)

Tidak Ada Prewedding

Foto atau dokumentasi sebelum pernikahan ini ternyata memakan biaya yang cukup besar loh gaess... Apalagi kalau kalian melakukan prewedding di luar kota atau bahkan luar negeri. Jika kalian tidak melakukan prewedding, kalian bisa menghemat biaya pernikahan hingga 3 juta bahkan lebih.
Pada dasarnya prewedding adalah masa sebelum kalian menikah. Jadi sebenarnya foto-foto yang diambil pada masa itu bisa kalian gunakan sebagai foto prewedding *literally 

Tidak Ada Tunangan

Sehabis orangtua laki-laki datang melamar, biasanya diadakan acara pengikatan sebelum menikah. Ya kalau kata orang-orang tuh engagement. Tapi tahukah kalian acara ini juga sebenarnya tidak mutlak. Untuk sewa dekorasi tunangan saja bisa lebih dari 5 juta, ditambah untuk catering acara tersebut.
Jadi sebenarnya dengan lamaran yang dihadiri keluarga inti saja sudah cukup untuk merestui hubungan kalian.

Menggunakan Undangan Digital

Selain bisa menekan biaya pernikahan, menggunakan undangan digital juga ramah lingkungan loh. Disamping itu, kita juga bisa tahu apakah orang yang kita undang bisa hadir atau tidak. Dengan undangan digital kalian bisa menghemat kurang lebih 5000 per lembarnya.

Tidak Menggunakan Wedding Organizer

Wedding Organizer (WO) dapat membantu mengatur keperluan pernikahan kalian. Tapi kalau kalian punya saudara atau teman yang biasa mengatur sebuah acara, kalian bisa menjadikan mereka sebagai panitia pernikahan (bridesmaid/ groomsmen). Karena tidak menggunakan WO, tentu kalian harus turun tangan untuk mengurus segala keperluan dari awal pernikahan.


Selain keempat hal di atas, kalian juga dapat menghemat biaya pernikahan dengan membatasi tamu undangan dan juga mengurangi rangkaian acara sebelum pernikahan. Jika kalian menggunakan adat sebelum pernikahan seperti siraman, tentu itu juga akan menambah biaya pernikahan kalian. Pemilihan vendor dan lokasi pernikahan juga harus dipertimbangkan.

Nah, itulah tips untuk menekan biaya pernikahan. Semoga kalian dapat mewujudkan pernikahan impian kalian ya gaes...

2 comments:

  1. Bener banget lamaran yg penting kedua keluarga bertemu dan saling merestui

    ReplyDelete
  2. You play free roulette online as you'd with an actual roulette recreation. Select your chips, place your bets and press ‘spin’ to look at the action 온라인카지노 unfold. You can apply roulette by taking part in} our free recreation – no download or join required. French roulette has some extra guidelines in place, which really lower the casino's advantage over players.

    ReplyDelete