Umroh Rasa Kearifan Lokal

Sebagai umat muslim, siapa sih yang tidak ingin untuk bisa pergi haji? Jangankan haji, bisa umroh aja sudah sangat bersyukur. Selain untuk melakukan ibadah yang merupakan rukun Islam, kita juga bisa sekaligus berwisata. Karena belum kesampean untuk pergi umroh, sekarang coba dulu umroh dengan rasa kearifan lokal.

Loh, gimana tuh maksudnya? Iya jadi kita berkunjung ke serambinya aja dulu.
Yap, Provinsi Aceh atau yang kita kenal dengan istilah Serambi Mekah. Kenapa sih dinamakan Serambi Mekah?

Istilah tersebut tentu tidak lepas dengan sejarahnya dulu. Daerah Aceh dahulu pernah menjadi pelabuhan atau pangkalan tempat berkumpulnya jamaah haji dari seluruh Nusantara.

Dulu belum ada penerbangan yang setiap saat tersedia menuju kota Mekah. Alhasil harus berlayar menggunakan kapal laut ke Arab. Kalau sekarang mau umroh bisa langsung daftar ke biro perjalanan atau agen travel umroh.

Nuansa islami sangat terasa ketika meminjakan kaki di Kota Aceh. Apalagi ketika berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman, serasa di Masjid Nabawi.


Apa yang membuat seperti Masjid Nabawi? Masjid Raya Baiturrahman memiliki tonggak-tonggak payung di halamannya seperti yang ada di Masjid Nabawi. Sayangnya, saat ke sana payung tersebut sedang tidak terbuka. Walau demikian tetap tidak mengurangi keindahan Masjid Raya Baiturrahman.

Saat masuk ke Masjid Raya Baiturrahman, pengunjung wajib menggunakan pakaian tertutup. Bahkan untuk memfasilitasi turis mancanegara, mereka dipinjamkan pakaian seperti jubah agar bisa masuk dan berkeliling di area masjid.


Di dalam masjid selain digunakan untuk sholat juga digunakan masyarakat sebagai media pembelajaran seperti mengaji dan majelis taklim.

Beginilah penampakan bagian dalam Masjid Raya Baiturrahman.


Selain Masjid Raya Baiturrahman yang mirip dengan Masjid Nabawi, ada juga kebun kurma tepatnya Kebun Kurma Barbate di daerah Aceh Besar. Meskipun pohonnya belum sebesar pohon kurma di Arab sana, namun kebun kurma ini sangat luas kurang lebih 18 hektare.



Itu dia umroh rasa kearifan lokal Indonesia haha

Semoga bagi semua umat muslim bisa diberikan kesempatan dan rezeki untuk bisa mengunjungi tanah suci. Sekarang kita juga sudah dipermudah dengan berbagai travel umroh salah satunya dari Blibli.

Blibli menyediakan berbagai pilihan paket haji dan umroh mulai dari 2 juta rupiah. Ah masa murah banget sih? Justru itu cuma di Blibli kita bisa DP umroh untuk paket yang akan kita pilih nantinya. Alasan lain mengapa pilih Blibli, yaitu:

  • Terpercaya, Blibli hanya bekerja sama dengan PPIU yang terdaftar di Kementerian Agama
  • Banyak Pilihan, Blibli menjual banyak paket Umroh dan Haji dari banyak Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU)
  • Banyak Penawaran Menarik, Blibli memberikan banyak promosi untuk jamaah yang membeli paket umroh

Pengen banget umroh tapi bingung atur keuangan? Nih aku kasih tips untuk kalian yang punya dana terbatas tapi pengen banget umroh.

Harga paket umroh rata-rata 25 juta rupiah. Berarti paling tidak kita harus bisa mengumpulkan minimal 30 juta. Kenapa harus segitu? Karena kita juga butuh uang untuk kebutuhan umroh lainnya.

Sekarang gimana cara nabungnya?
Nih aku kasih gambaran perbandingan besar tabungan per bulan dengan waktu yang dibutuhkan.

Tabungan / bulan Lama Menabung
Rp 500.000,- 5 tahun
Rp 750.000,- 3,5 tahun
Rp 1.000.000,- 2,5 tahun
Rp 1.250.000,- 2 tahun
Rp 1.500.000,- 1 tahun 7 bulan
Rp 2.000.000,- 1 tahun 3 bulan
Rp 2.500.000,- 1 tahun

Tabel di atas untuk nominal yang dikumpulkan 30 juta ya. Semakin besar nominal tabungan per bulan, maka semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk daftar umroh.

Yuk, mulai nabung buat umroh dari sekarang biar bisa ngerasain umroh beneran bukan cuma liat Serambi Mekahnya aja. Bismillah bisa ke Mekah ya! Aamiin

0 komentar:

Post a Comment