Cerdas Ciptakan Generasi Berkualitas

Generasi saat ini, tentunya banyak dipengaruhi arus globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang mana sangat berdampak pada tumbuh kembang anak. Padahal anak merupakan generasi yang akan menjadi penerus bangsa ini. Oleh karena itu peran orangtua sangat penting dalam meningkatkan kualitas diri anak demi menciptakan generasi berkualitas. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua untuk meningkatkan kualitas diri anak

Orangtua menghabiskan waktu bersama anak
(source: freepik.com)

  1. Menanamkan nilai budi pekerti sejak dini.

Maraknya kasus bullying yang terjadi merupakan salah satu contoh akibat dari rendahnya budi pekerti seseorang. Sopan santun, tata krama, norma-norma dan nilai luhur seperti hilang tergerus zaman. Banyak dari anak-anak yang memiliki role model atau panutan dari media digital, padahal beberapa dari mereka justru memberikan contoh kurang baik. Untuk itu orangtua jangan mengabaikan hal-hal seperti ini. Anak banyak belajar dari apa yang mereka lihat dan alami. Orangtua harus membiasakan hal-hal yang benar, bukan membenarkan yang biasa dilakukan oleh masyarakat walaupun sebenarnya itu kurang baik.

"Biasakan yang benar, bukan membenarkan yang biasa"

  1. Menjadi orangtua yang aktif.

Generasi saat ini disebut dengan generasi milenial yang mana sangat akrab dengan dunia digital dan internet. Internet memiliki banyak manfaat untuk anak namun dapat menjadi boomerang apabila lepas pengawasan. Banyak konten di internet yang mudah diakses dan ditiru oleh sang anak. Orangtua harus aktif melakukan pengawasan dan tidak menutup diri terhadap perkembangan teknologi.

  1. Mendukung kegiatan-kegiatan anak.

Mendukung kegiatan anak bukan berarti harus dengan mengeluarkan biaya yang besar. Apabila mencukupi secara finansial, orangtua dapat memberikan kursus tambahan baik bidang akademik ataupun bidang lain seperti kesenian, olahraga, dan aktivitas yang sesuai dengan hobi sang anak. Namun bila terbatas secara finansial, orangtua dapat mendukung anak dengan mengizinkan mereka mengikuti kegiatan ektrakulikuler dan organisasi di sekolah. Dengan mendukung anak memiliki kegiatan lain dapat menjadi bentuk kepercayaan orangtua terhadap anak dan juga melatih anak menjaga kepercayaan orangtua.

  1. Menghabiskan waktu bersama anak.

Kesibukan orangtua kadang membuat mereka mengorbankan waktu bersama anak. Padahal momen bersama dengan keluarga merupakan hal yang penting dalam tumbuh kembang sang anak. Selain mengeratkan ikatan antara orangtua dan anak, menghabiskan waktu bersama juga dapat menjadi media komunikasi sekaligus dapat memantau perkembangan anak. Meluangkan waktu dengan anak dapat dilakukan pada saat sarapan, makan malam, menemani belajar, ataupun kegiatan di akhir pekan.

Perhatian dari orangtua sangat mempengaruhi kualitas diri anak. Dengan memberikan perhatian yang cukup, anak diharapkan dapat membuat anak lebih terbuka kepada orangtua sehingga anak pun dapat selalu berada dalam pengawasan orangtua namun tidak merasa di bawah tekanan.

1 comment:

  1. A slot machine is a random number generator that rewards gamers when symbols match in a line. Casino gamers select {how many|what number of} lines they need to play and the way 토토사이트 a lot to bet. They have the best odds of successful once they wager the max bet and max lines. As you probably noticed above, welcome bonuses differ in value and should or might not embody wagering requirements.

    ReplyDelete