Pengalaman USG Transvaginal di RS Harapan Bunda

Setelah pemeriksaan awal di RS Harapan Bunda, aku dianjurkan untuk melakukan USG transvaginal untuk mengetahui lebih detil tentang kondisi rahimku. Seperti yang dr. Bambang arahkan, aku harus menghubunginya ketika hari pertama menstruasi kemudian akan dijadwalkan untuk jadwal kontrol selanjutnya. Hari pertama mens itu tanggal 24 Juli 2020, kemudian dijadwalkan untuk USG transvaginal di RS Harapan Bunda tanggal 6 Agustus 2020.

Pengalaman USG Transvaginal di RS Harapan Bunda
(source: Nakita.ID)

Ini adalah lanjutan pemeriksaan dari artikel ini ya

Pengalaman Cek ke Dokter Kandungan (Obsgyn) di RS Harapan Bunda

USG transvaginal tidak dilakukan oleh dr. Bambang sendiri, melainkan dokter dari RSCM jadi aku ikuti saja arahannya.


Oke, ini kali pertamaku USG transvaginal. Gimana rasanya? Ngga sakit kaya dimasukin cocor bebek kok haha


Jadi nanti alatnya seperti stick gitu dimasukkan melalui vagina tapi ini khusus wanita yang sudah menikah, kalau belum bisa dilakukan melalui rectum. Deg-degan juga karena kita bisa liat monitor yang tersambung dengan layar USG, ya walaupun ngga ngerti arti gambarnya apa sih hehe


Aku tanya soal masa subur, kata dokternya karena pendarahan kemarin itu jadi dia belum bisa memastikannya. Takutnya memang itu sebenarnya menstruasi. Tapi melihat hasil USG, katanya sel telurnya banyak cuma kecil-kecil ukurannya.

Kemudian di USG bagian endometrium. Ketika itu dokter manggil susternya dan berbincang,

“Kamu liat ini, kalau ada pembuluh darahnya berarti polip”


Maknyeeesss aku dengernya

Berarti ada polip di rahimku dan kata dokternya itu juga yang membuat aku sering pendarahan setelah berhubungan. Sedih lah aku, mana kontrol ini ditemani sama adik bukan suami.


Dokter USGnya cuma bicara singkat karena lebih detilnya akan dijelaskan oleh dr. Bambang. Sambil nunggu giliran konsultasi, sambil positive thinking aja (aaaaa tapi aku sebenernya overthinking)


Akhirnya pas kontrol sama dr. Bambang, beliau menggambarkan alat reproduksi wanita kaya gini

polip endometrium


Nah, beliau bilang ada polip sekitar 1cm di sini (nunjukin ke rahim/ endometrium). Terus beliau tanya apa aku pernah pendarahan parah atau ngga, ku jawab ya cuma kemarin saja. (baca: Pengalaman Cek ke Dokter Kandungan (Obsgyn) di RS Harapan Bunda)


Beliau mengatakan akan diobservasi dulu selama 3 bulan karena polip ini bisa saja hilang sendiri. Aku lupa nanya kenapa bisa ada polip ini karena udah blank aja gitu kan. Tapi merujuk dari garis keturunan, kemungkinan aku memang ada bakat genetik seperti ini ditambah hormoku yang tidak stabil.


Oiya, dari hasil USG transvaginal ini Alhamdulillah yang lainnya normal kaya ovarium, rahim, cervix. Selanjutnya aku dikasih rujukan untuk melakukan HSG. Apatuh? Nanti ya next aku ceritain kalau sudah dilakukan

Berikut biaya untuk USG transvaginal di RS Harapan Bunda

biaya USG transvaginal di RS Harapan Bunda


Jadi buat kalian para wanita, kalau ada sesuatu yang sekiranya ngga wajar lebih baik periksakan lebih awal seperti mens tidak teratur, atau darah mens yang terlalu banyak sampai pingsan, dan keluhan lainnya seputar organ kewanitaan. 

1 comment:

  1. LuckyClub: Get €30 Welcome Bonus | Lucky Club
    LuckyClub offers more than 2,000 slots, video poker, and bingo. The casino offers both a variety of games, online slots and bingo. Rating: 2.9 luckyclub · ‎Review by LuckyClub.live

    ReplyDelete