Cara Mengurus Visa Personal (Australia & New Zealand) 2016

(source : freepik.com)

Hey.. been long time not writing here

Jadi, saya mau berbagi pengalaman mengurus visa personal dengan tujuan Australia dan New Zealand.
Ini kali pertama saya mengurus visa sendiri, ya kalau sebelumnya saya mah terima jadi aja karena memang ikut rombongan. Tapi kali ini mesti ngurus sendiri karena ini family trip lah.
Awalnya sempet males karena nggak ngerti apa-apa tentang ngurus visa. Apalagi dalam mindset itu ngurusnya mesti ke kedutaan langsung terus bolak-balik segala macem. Tapi sekarang udah nggak seribet itu kok, karena sekarang udah ada badan resmi yang bantu ngurus visa.

VFS GLOBAL
Saya inget pernah liat senior pas SMA upload foto di ausie, yauda nanya-nanya ke dia katanya ngurusnya lewat vfs aja di Kuningan City. More About VFS Global
Dia menyarankan langsung aja dateng ke sana kalau mau tanya-tanya segala macem terkait visa. Sampai di Kuningan City langsung jelas kok tulisan vfs global. Nah tinggal tanya aja ke satpam kamu harus ke lantai berapa untuk ngurus visa sesuai negara tujuan karena vfs ada 2 lantai. Kebetulan untuk negara tujuan UK, Australia, sama NZ itu digabung di lantai 2.
Yang harus diperhatikan, bawa barang seperlunya aja karena kamu bakal ngelewatin security check yang ketat dan di dalam juga tidak diizinkan menggunakan handphone. Yang paling penting kamu udah nyiapin pertanyaan terkait info-info yang belum kamu tau atau kurang paham. Jangan kaya saya waktu kemaren ada yang kelupaan ditanya hehe...

Hari kerja Senin-Jumat mulai jam 8.30-16.00 WIB atau menyesuaikan dengan jadwal kerja kedutaan.
Di sana bakal dikasih form visa sesuai dengan tujuan kamu (tourism, business, study, etc), atau kamu bisa download form visa di website kedutaan negara terkait.


Kalau sudah dapat form visa, lalu... Apa saja yang harus di persiapkan?

Visa Australia
1. Fotokopi Passport (dengan masa berlaku minimal 6 bulan dari estimasi waktu berangkat). Kalau baru diperpanjang lampirkan fotokopi passport halaman depan dan belakang, serta halaman yang ada stempel dan visanya. Passport asli harus dibawa
2. Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Akta Nikah. (ukurannya A4 aja biar nggak ribet)
3. Fotokopi buku tabungan, rekening koran, atau bank statement 3 bulan terakhir. (Bukti Keuangan)
Kalau kamu dibiayain orangtua atau sponsor, lampirkan salah satu bukti keuangan yang tadi disebutin ditambah sponsor letter dan identitas pemberi sponsor (KTP, passport)
4. Employee statement, kalau pelajar cantumin kartu tanda pelajar, KTM, atau surat keterangan mahasiswa.
5. Invitation letter atau sponsor letter kalau disana kamu ada jaminan. (lampirkan identitas)
6. 1 (satu) Lembar Pas Foto ukuran passport (3,5 x 4,5 cm) background putih

Biar meyakinkan saya mah nambahin itinerary flight sama travel insurance.

Visa New Zealand
Ps. Satu form visa NZ bisa untuk satu keluarga inti (Ayah, Ibu, anak di bawah 20 tahun)

1. Passport Asli (dengan masa berlaku minimal 6 bulan dari estimasi waktu berangkat). Kalau baru diperpanjang lampirkan passport lama. Passport ditahan selama proses pengajuan visa.
2. Fotokopi Kartu Keluarga, Akta Nikah.
3. Fotokopi bukti keuangan 3 bulan terakhir
Kalau kamu dibiayain orangtua atau sponsor, lampirkan bukti keuangan ditambah sponsor letter dan identitas pemberi sponsor (KTP, passport)
4. Employee statement, kalau pelajar cantumin kartu tanda pelajar, KTM, atau surat keterangan mahasiswa.
5. Invitation letter atau sponsor letter kalau disana kamu ada jaminan. (lampirkan identitas)
6. 2 (dua) Lembar Pas Foto ukuran passport (3,5 x 4,5 cm) background putih
7. Itinerary flight and hotel atau tempat stay di sana (confirmed).

Please provide all the documents in english yak. Kalau sudah dilengkapi semua, kita ke VFS lagi untuk submission form sekaligus bayar biaya pengajuan visanya. Biaya visa Ausie 1.609.500/applicant dan NZ 1.840.000/form (Agustus 2016). Setelah di submit nanti bisa di track lewat website vfs. Prosesnya kurang lebih 15 hari kerja. Kemaren sih saya kurang dari 15 hari tapi kalau mau aman jangan mepet dari waktu keberangkatan, minimal sebulan lah sebelum berangkat.

Oiya, untuk minimal saldo di rekening atau tabungan sih waktu saya nanya di vfs nggak ada minimal pastinya. Tapi kalau kata kakak saya biar aman gitu, hitungan kasarnya per orang
1 Juta x (berapa hari anda stay di sana) + 10-15 Juta

Kurang lebih dokumen yang dibutuhkan untuk setiap pembuatan visa itu sama. Intinya kalau mau visa kita di approve, ya lampirkan dokumen yang meyakinkan kalau kita nggak bakal nyusahin atau bikin masalah di negara tersebut.

Sekian informasi yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat ya bagi traveller yang mau ngirit. Kan lumayan kalau lewat agen bisa kena 100-200rb per orang. Happy travelling :)

0 komentar:

Post a Comment