Membuat SKCK Polresta Bekasi

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang sering disingkat SKCK biasanya adalah 'jimat' yang harus didapatkan orang kalau ingin melamar kerja khususnya di perusahaan negara (CPNS/ BUMN). Sebenarnya mengurus SKCK ini tidaklah sulit, karena sudah ada SKCK Online.
contoh skck

Eitttsss.. Namun sayangnya ternyata SKCK Online ini belum terintegrasi secara menyeluruh di unit kepolisian. Salah satunya Polres Metro Kota Bekasi.

Singkat cerita, saya sebenarnya sudah mengisi SKCK Online dari https://skck.polri.go.id/ . Berharap akan sesuai dengan video tutorial SKCK online, tinggal datang ke Polres hanya untuk memindai sidik jari dan langsung jadi di hari yang sama. Intinya saya pikir akan efisien waktu.

Sehari sebelumnya, saya mempersiapkan dokumen kelengkapan seperti Surat Pengantar RT/RW dan Surat Pengantar Kelurahan dan dokumen lainnya. Udah nyusahin bokap, eh ternyata Surat Pengantar itu tidak dipakai di Polresta Bekasi.

Berikut adalah syarat membuat SKCK di Mall Pelayanan Publik Bekasi:
  1. Fotokopi KTP (2 lembar)
  2. Fotokopi Akta Lahir / Ijazah (1 lembar)
  3. Pas Foto 4 x 6 (5 lembar)
  4. Uang untuk pembuatan SKCK Rp 30.000,-
  5. Uang untuk fotokopi SKCK Rp 2.500 - 3.000,-
  6. SKCK lama bagi yang ingin memperpanjang

Waktu itu saya datang pukul 08.11 WIB dan sudah mendapat nomor urut 115. :")
Jadi catatan bagi kalian, harus datang lebih pagi karena harus mengambil nomor antrean terlebih dahulu walaupun loket SKCK baru di buka pukul 9 kurang.

Setelah loket dibuka, kalian akan dibagikan form SKCK untuk diisi dan akan dijelaskan cara mengisinya. Berikut adalah prosedur pembuatan SKCK:

  1. Mangambil dan mengisi formulir SKCK
  2. Menunggu dipanggil sesuai nomor antrean untuk diperiksa kelengkapan berkasnya. (Kemarin saya baru dipanggil jam 3 kurang untuk urutan 115)
  3. Memindai sidik jari
  4. Membayar biaya administrasi
  5. Menunggu cetak SKCK. Untuk perpanjang SKCK menunggu 30 menit dan SKCK Baru 90 menit. (Kemarin saya SKCK baru sekitar 60 menit)
  6. SKCK selesai. Silahkan fotokopi dan dilegalisisasi.

Catatan
Polres Metro Kota Bekasi hanya melayani pembuatan SKCK bagi penduduk KTP Kota Bekasi.

Bagi kalian yang baru pertama kali membuat SKCK di Polresta Bekasi, sekarang semua pelayanan publik sudah dipindahkan ke Mall Pelayanan Publik, tepatnya di Lotte Mart Bekasi atau Pasar Proyek.







Baca juga: Perpanjang SKCK Polresta Bekasi 2018

9 comments:

  1. Makasi infonya sebelumnya, mba.
    Tapi klo bole pastikan lagi, jadi klo utk KTP Kota Bekasi, klo mau urus SKCK baru itu di Mall Pelayanan Publik ato di Polresta Bekasi? Karena ada juga testimoni bahwa di Polres Bekasi itu hanya bisa urus perpanjang SKCK, sdangkan utk urus baru hanya bisa di Mall Pelayanan Publik.

    Lalu perihal rumus sidik jari, prosesnya hanya bisa dilakukan di Polres saja atau juga bisa dilakukan di Mall Pelayanan Publik?

    Makasi sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang sudah dibahas di atas, untuk Polres Metro Kota Bekasi hanya melayani pembuatan SKCK bagi penduduk KTP Kota Bekasi.

      Bagi kalian yang baru pertama kali membuat SKCK di Polresta Bekasi, sekarang semua pelayanan publik sudah dipindahkan ke Mall Pelayanan Publik, tepatnya di Lotte Mart Bekasi atau Pasar Proyek.

      makasih

      Delete
  2. Assalamualaikum sedikit menambahan pengalaman saya,di mall pelayanan publik jg harus KTP bekasi untuk area bekasi dan di polres bisa buat skck baru tapi dri jam 19:00-08:00,trus dari jam 08:00 diteruskan ke mall pelayanan publik.

    ReplyDelete
  3. Jadi berkas2 nya ngga perlu pake surat pengantar kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu mbak, tapi untuk jaga-jaga sebaiknya prepare lengkap saja :)

      Delete
  4. Kalo untuk ktp kabupaten bekasi apakah bisa buat di mall lotte? Saya tsdi abis dari polres bekasi katanya untuk ktp kabupaten gabisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo untuk di lotte mall ini khusus KTP Kota Bekasi bukan kabupaten bekasi, seperti yg saya tulis di catatan di atas

      Delete
  5. Assamualaikum ..
    Mau nanya nie pak
    Kalo bikin skck baru,, tapi ngga punya akte kelahiran bisa ngga ya ..
    Trus kata temen saya bisa pake ijasah juga ,, nah tapi ijasah saya ada bermasalah di tanggal lahir nya,, ijasah sama kk beda ,, itu bisa ngga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di syaratnya sih akta atau ijazah pak. Mungkin bapak kalu ada masalh di akta sekalian di urus di pelayanan publiknya sebelahan kok ada dukcapil

      Delete