Siap Nikah? Simak 4 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah

Punya rencana menikah tahun ini? Bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan ya gaes... Kalau kalian punya banyak uang, waktu persiapan sedikit mungkin tidak begitu jadi masalah. Tapi kalau tidak, perhatikan 4 hal yang harus disiapkan sebelum menikah.
4 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah
(source: freepik.com)

Budget

Seperti yang disebutkan di atas, kalau banyak uang mungkin satu masalahmu sudah selesai. Kalau budget kalian masih bayang-bayang, cobalah untuk membuat estimasi anggaran mulai dari urusan KUA sampai urusan MUA. Perkiraan budget nikah ini juga akan membantu kalian mengatur uang yang harus ditabung bahkan waktu yang harus disiapkan.

Lokasi Nikah

Kalau kalian sudah menentukan budget di awal, maka akan lebih mudah memilih lokasi. Menikah di rumah jelas akan lebih hemat daripada menikah di gedung. Kalau mau hemat lagi, bisa langsung menikah di KUA kaya Suhay Salim gitu hehe...
Jika memilih gedung sebagai lokasi pernikahan, maka baiknya kalian harus prepare dari setahun sebelumnya karena biasanya harus booking terlebih dahulu.

Tanggal Nikah

Menentukan tanggal nikah ternyata bisa jadi rumit loh gaes...
Selain harus ngepasin tanggal dengan gedung (kalau nikahnya di gedung), kadang keluarga yang masih menganut kepercayaan tertentu juga punya pertimbangan tersendiri dalam pemilihan tanggal nikah ini. Apalagi kalau misalnya punya keluarga besar yang tinggalnya beda kota atau malah beda negara, harus benar-benar dimusyawarahkan. Jangan sampe karena beda pemilihan tanggal malah ngga jadi nikah. Khann syediiiih T_T

Tamu Undangan

Nah, ini yang masih banyak orang Indonesia perdebatkan. Harus banget ya kalau nikahan orang se-Indonesia ini di undang?
Denger pengalaman yang udah nikah, kadang jabat tangan tapi ngga kenal siapa tamunya. Tradisi ini juga yang kadang jadi beban tersendiri untuk calon pengantin.
Di awal juga udah menetapkan budget untuk sekian undangan, tapi karena nikahan anak pertama jadi orangtua pengennya mengundang lebih banyak orang. Alhasil budget membengkak.
Jumlah tamu tentu memengaruhi pemilihan lokasi dan juga budget. Karena jelas makin banyak tamu yang diundang, biaya catering juga akan semakin banyak. Kalau masih bisa diusahakan tidak jadi masalah, asalkan jangan sampai berhutang kemana-mana.

Masih ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan seperti urusan administrasi, tema, vendor, hingga mahar pernikahan. Yang paling penting, ada ngga calon mempelainya? haha.. Bagi yang ingin atau sedang menyiapkan pernikahannya, semoga lancar ya :)

Baca juga: 4 Tanda Hubungan Kalian Siap Dibawa Ke Pelaminan

0 komentar:

Post a Comment